Sunday, October 16, 2011

KURMA DAGING KERISIK

Kalo udah makan kurma ini anak-anakku bisa sampai menjilat jari dehh!! rasanya memang sedap banget dan yang penting gak terlalu pedas so sesuai untuk menunya anak. Kali ini aku sajikan dengan roti jala, and seperti biasa setiap aku bikin roti jala langsung ludes gak tersisa. Alhamdulillah.. senang sekali rasanya kalo ngeliat keluargaku bisa makan dengan lahap. 


Source : Dapur Tanpa Sempadan 
Aku buat setengah dari resep aslinya
BAHAN :

400 daging, potong kotak
2 buah kentang, kupas, potong 6, rendam
1 buah cabe merah, iris tengahnya tapi tak putus
1 buah cabe hijau, iris tengahnya tapi tak putus
2 sdm air asam jawa
1 sdm kerisik ( kelapa goreng halus)
3/4 sdm gula merah
2 sdm rempah kurma bubuk
1 sdm minyak samin
250 ml santan kental (aku pake 100 ml santan kara)
500 ml santan cair (aku pake 300 ml air+2 sdm santan kara)
minyak untuk menumis
garam, secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
1 buah bawang besar
2 siung bawang putih
seruas jahe
1/2 sdm merica hitam biji
1 cabe merah (aku pake cabe hijau)
1 buah tomat 
Bumbu tumisan :
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 tangkai daun kari
1/2 buah bunga lawang
3 biji cengkeh
2 biji kapulaga
kayu manis

CARA MEMBUATNYA 

  1. Cuci daging dan tiriskankan. Campurkan  bumbu yang dihaluskan dengan rempah kurma hingga rata.
  2. Panaskan minyak dalam panci, tambahkan  minyak samin dan tumis bumbu tumis hingga harum. Masukkan bumbu halus tadi lalu tumis sampai kering.
  3. Masukkan daging dan aduk rata. Masak hingga daging mengecut. Tuang santan cair, aduk rata dan masak hingga daging lembut.
  4. Masukkan kerisik dan kentang. Kemudian tuang santan kental.
  5. Masak hingga kentang lembut, tambahkan air  asam jawa, garam dan gula merah.
  6. Biarkan mendidih dan akhir sekali masukkan belahan cabe merah dan hijau. Masak sampai kuah agak mengental.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...