Thursday, April 13, 2017

GULAB JAMUN YOGHURT

Sumber : Manjula Kitchen

Bahan :

  1. 100 gr susu bubuk
  2. 25 gr tepung terigu
  3. 2 sdm yogurt
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt baking soda

Bahan Sirup Gula

  1. 100 gr gula pasir
  2. 1/4 sdt kapulaga bubuk
  3. 1 sdt air mawar (optional)
  4. 400 ml air

Cara Membuat Gulab Jamun

  1. Campurkan susu bubuk, terigu, yogurt dan baking soda kedalam wadah dan uleni menggunakan tangan hingga kalis. Jika adonan terlalu keras maka dapat ditambahkan sedikit yogurt dan jika terlalu lembek dapat ditambahkan sedikit terigu.
  2. Buat bulatan-bulatan kecil kira-kira memiliki diameter 2-3 cm, jangan terlalu besar karena nantinya adonan akan mengembang saat digoreng. Jika adonan lengket, kita bisa menggunakan sedikit minyak pada telapak tangan.
  3. Taruh bulatan adonan kedalam baki dan tutup menggunakan kain serbet. Diamkan selama kurang lebih 15-20 menit.
  4. Sementara itu, kita bisa membuat sirup gula dengan cara mencapurkan gula pasir, kapulaga bubuk, air mawar dan  air menjadi satu kedalam panci.
  5. Masak hingga mendidih dan sirup gula agak mengental karena air sedikit berkurang. Angkat dan sisihkan.
  6. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bulatan adonan hingga mengembang dan mengapung serta berubah warna menjadi kecoklatan. Perhatikan besaran api, jika adonan tidak mengembang sempurna namun sudah berwarna kecoklatan berarti api yang kita gunakan terlalu besar.
  7. Setelah gulab jamun berwarna kecoklatan berarti tandanya matang. Angkat dan masukkan ke dalam sirup gula. Biarkan sampai terendam dan gulam jamun menyerap sirup gula.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...