Sunday, July 17, 2011

Kue bangkit

Dulu waktu masih kecil saya suka sekali makan sagon. Sejenis kue kering yang terbuat dari kanji dan kelapa, trus saat dimakan bisa meleleh di mulut. Lagi surf di internet tiba-tiba keliatan resep ini, wahh saya langsung jadi ngiler pengen ngerasain. So coba buat lah!! Menurut komen orang, katanaya buat kue bangkit ini gampang-gampang susah. Ternyata betul deh gampang nyampur adonannya, tapi pas waktu mencetak ribet banget... suka pecah-pecah. But dengan perjuangan yang tak kenal menyerah akhirnya berhasil juga. Woww its really melt in your mouth ....


Bahan :
300 gr tepung kanji/tapioka
3-4 lbr daun pandan
20 gr mentega
1 kuning telur
120 gr gula icing/halus
120 ml santan kotak
1/4 sdt vanili bubuk


Caranya :
  • Tepung kanji dan daun pandan disangan (digoreng tanpa minyak) atau dioven sampai wangi dan daun pandannnya mengering ( kira0kira 15 menit), dinginkan.
  • Campurkan santan dan kuning telur.
  • Ayak tepung kanji dan gula icing dalam sebuah mangkuk, lalu masukkan mentega, vanili dan campuran santan kuning telur, uleni sampai menjadi adonan yang lembut. Kalau adonannya masih pecah-pecah, tambahkan sedikit santan.
  • Giling adonan sampai ketebalan 1/2 cm, cetak dengan cetakan kue kering, lalu atur diatas loyang yang telah dialasi kertas roti.
  • Oven dalam loyang yang telah dipanaskan dengan suhu 170 derajat celcius selama 15 menit, dinginkan di rak pendingin lalu simpan dalam wadah kedap udara.


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...